Nursing Leadership and Management

Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan

Paradigma Baru: Manajemen Pendidikan Profesi Ners

Posted by Afandi on December 20, 2008

PARADIGMA BARU: MANAJEMEN PENDIDIKAN PROFESI NERS

MOH. AFANDI

PURWOKERTO, Sabtu-Minggu 3-4 MEI 2008

WORKSHOP KURIKULUM DAN PENDIDIKAN PROFESI

FIKes UMP

Latar Belakang

Workshop ini mengajak para Dosen/

preseptor/pembimbing memahami:

Kualitas pendidikan profesi tidak bisa ditawar

Pendidikan Profesi merupakan tanggung jawab bersama

Berkualitas dengan membangun sistem yang handal.

Apa makna kata Manajemen bagi pendidikan profesi ners?

Tersistem dan Berkualitas

Tidak asal menaruh mahasiswa di RS atau

Asal Meluluskan Mhs

Fakta saat ini:

Beberapa PSIK/Stikes yang menyelenggarakan pendidikan profesi menghadapi masa sangat sulit.

Mahasiswa sangat banyak

Pengaruh dari perubahan lingkungan yang sangat dinamis.

Ada fenomena “Dateng tanpa dijemput pulang tanpa dianter”

Di masa kini&kedepan:

Ada kemungkinan Pendidikan Profesi Ners di Indonesia kedepan harus terakreditasi, kalau tidak, tidak diperbolehkan menyelenggarakan pendidikan profesi

+

Kemungkinan stiap PSIK/Stikes Harus memiliki RS Pendidikan Utama

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PENINGKATAN KUALITAS

KUALITAS PROGRAM:

- Pemantapan Kurikulum klinik

- Strategi Pembelajaran Klinik

- Modul Pembelajaran Klinik (Study Guide)

KUALITAS ACTION:

- Proses Pembelajaran,

- Evaluasi Proses Pembelajaran

KUALITAS RESOURCES:

- Ruang Diskusi

- IT & Alat-alat pendudung

- Preseptor

- TU

- Koners

Terstruktur: Kompetensi

“apakah pembimbing paham dengan logbook untuk pencapaian kompetensi mahasiswa”?

Lingkungan Belajar yang positif

Suasana/pengalaman belajar yang menyenangkan

Evaluasi Obyektif dan tepat waktu

Feedback yang cukup dari pembimbing klinik: mengarahkan, masukan, dan penugasan.

Tersedia waktu dari pembimbing klinik

Keaktifan coordinator pembimbing klinik.

Pelatihan cara Pembimbingan klinik

Administrasi ko-ners yang baik/SIM Profesi

TER-STRUKTUR

Tujuan akhir yang jelas ( kompetensi )

Persiapan / organisasi : Jadwal . Sarana

Bag administrasi koners

Lingkungan belajar yang positif

Mulai dengan orientasi ( penting )

Pelatihan bagi supervisor klinik

Feedback yg cukup

Tahu list Skill dan nursing problem

Tegas dan disiplin

Tahu perannya sebagai Ners role

Sebagai Supervisor dan supporter

Tahu strategi pembelajaran:

BST, Conf, Jurnal, Pressus dll.

Qualification of supervision

Supervisors workshop and meeting

Allocation for clinical placement

Setting up the placement

Placement content

Clinical supervision

Quality of clinical supervision

Clinical report and communication

Review meeting

Assessment

BAGAIMANA DENGAN PSIK FIKes UMP

KURIKULUM PROGRAM PROFESI NERS

Program profesi dilaksanakan selama : 25 SKS X 2 minggu = 50 minggu

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS
PSIK FK UMY

PROSES KEGIATAN PROFESI

Tugas dari Preseptor dan Pembimbing Klinik

Weekly activity

QUALIFICATION OF SUPERVISION

Preceptor:

Ners Specialis

Lulus SKep + Ners

Berpengalaman dan atau ahli dalam bidangnya (min 1 th untuk Ners)

Menyediakan waktu untuk melakukan bimbingan

Antusias dalam membimbing

Empati

Memiliki Kredibilitas yang baik dalam pengetahuan, ketrampilan dan sikap

Memiliki motivasi sebagai pendidik

Memiliki sertifikasi TOT: Clinical Supervisor

Aktif dalam Forum evaluasi pendidikan profesi ners

Telah ditunujuk PSIK FK UMY

TUGAS PRESEPTOR

Melakukan briefing pencapaian kompetensi

Memonitor Logbook

Sebagai preseptorship dalam Bedside Teaching (BST)

Sebagai fasilitator dalam Tutorial Klinik

Bertanggung jawab 1 preceptor : 5 Koas-ners

Sebagai nara sumber pelaksanaan presentasi kasus dan jurnal

Menentukan Pemberi Kuliah pakar (Meet the Expert) bersama coordinator

Menyetujui/menolak ijin koas-ners

Memberikan penilaian sikap (attitude) koas-ners

Menentukan kelulusan performen stase koas-ners

Melakukan Proses Preseptorship dengan 12 SKS /Minggu

TUGAS PEMBIMBING KLINIK

Melakukan monitoring kegiatan jaga harian

Melakukan bimbingan ASKEP:

Laporan Pendahuluan

Monitoring SOAP kasus kelolaan

Melakukan bimbingan skill sesuai list skill dilogbook

Membimbing teknik pendokumentasian dan proses keperawatan

Membantu memonitor logbook

Menerima delegasi tugas preseptor bila berhalangan

PERANGKAT YANG SUDAH DIPERSIAPKAN

1. Mahasiswa/Ko-Ners

Buku Panduan Umum

Logbook Bagian: 9 Stase

Study Guide Bagian: 9 Bagian

Logbook Spiritual Care

Format Askep & Assessment

2. Preseptor/Pembimbing

Buku Panduan Umum

Logbook Bagian

Logbook Preseptor

Buku Penunjang

KEGIATAN PEMBELAJARAN KLINIK

DILAKUKAN OLEH:

PRESEPTOR

PEMBIMBING KLINIK

PROSES KEGIATAN

KEGIATAN TER-SETRUKTUR (Dilakukan pada pagi hari jam 07-14)

BST+Tutorial

Presentasi Kasus

Presentasi Jurnal

Mini-CEX

Meet The Expert

Final Exam

KEGIATAN PENCAPAIAN LOGBOOK ( Dapat dilakukan pagi hari, jaga sore/malam)

LP

SOAP

Skill

Case Analisis (Sebagai Tahapan dalam Tutorial)

KETENTUAN UMUM KOAS

Jaga Mahasiswa setiap minggu 2 kali jaga/mhs

Setiap hari mulai jam 07.00-14.00 koas wajib mengikuti kegiatan tersetruktur

Pencapaian logbook dapat dicapai ketika jaga sore/malam atau pada saat pagi tidak ada kegiatan tersetruktur

Koas setelah jaga sore atau malam tidak ada turun jaga

Libur koas hanya hari minggu

Semua format penilaian dikumpulkan di Logbook Preseptor

FASILITAS DI RS

Ruang Diskusi

Satu Perangkat Komputer dan Printer

LCD

Set Medikasi

Buku-buku Penunjang

ALLOCATION FOR CLINICAL PLACEMENT

ALLOCATION FOR CLINICAL PLACEMENT

ALLOCATION FOR CLINICAL PLACEMENT

Rasio Pembimbing 1 : 5

Bangsal tidak lebih dari 5-6 mhs

Penilaian Performen Departemen:

Koas-ners boleh mengikuti ujian akhir departemen apabila telah menyelesaikan performen departemen/telah dianggap lulus performen departemen. Komponen performen departemen adalah sebagai berikut:

Kehadiran: mahasiswa wajib hadir 100%

Mahasiswa wajib menyerahkan laporan kasus kelolaan selama menempuh pendidikan di departemen gawat darurat

Mahasiswa wajib membuat laporan catatan perkembangan (SOAP)

Pencapaian skill kompetensi minimal 75% dari kompetensi skill yang ditetapkan

Telah lulus Mini-Cex Formatif

Mahasiswa menunjukkan perilaku sebagai seorang calon profesional yang Islami.

PENILAIAN BUKU KEGIATAN

Standar Penilaian:

Standar Penilaian:

Standar Penilaian:

About these ads

5 Responses to “Paradigma Baru: Manajemen Pendidikan Profesi Ners”

  1. imoy_candra said

    ass.. pk. Affandi, pripun kabare??, klo bpk msh ingat saya imoy, oya pak untuk program ners yang shift jaga lanjut di rumah sakit apakah masih efektif, mohon di tinjau ulang, mengacu pada ketetapan jam kerja DepKes yang tidak lebih dari 7 jam, trus untuk paradigma baru pendidikan profesi ners saya kira sudah sering di perbincangkan, hanya saja dlm prakteknya baru sebatas wacana.mohon kongkretnya bimbingan langsung di lapangan.thnk

  2. rakatsu said

    assalamualaikum bang

    aku minta bantuan, aku kesulitan mancari bahan tentang apa itu instruktur klinik dan juga data mengenai itu. apakah aku bisa minta data2nya bang..??

    kirim ke email ku : rahmani_blackbone@yahoo.co.id

  3. Afandi said

    Dear Rahmani,
    Saya send by email ya..

  4. rio said

    nama ku rio pak,,
    mau minta tolong masalah referensi buku tentang profesi ners

    mhon balas pak ke email ku..

  5. penerbit salemba,referensi buku pendidikan…

    [...]Paradigma Baru: Manajemen Pendidikan Profesi Ners « Nursing Leadership and Management[...]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: